Kunjungan Panglima Perang AS ke Indonesia Pekan Depan, Apa yang Akan Terjadi?

by -137 Views

Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin akan mengunjungi Asia pekan depan. Dalam kunjungannya, ia akan datang ke India, Korea Selatan (Korsel), dan Indonesia.

Dalam rilis resmi dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Austin akan memulai kunjungannya di India untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Rajnath Singh. Mereka akan membahas peningkatan kerja sama industri pertahanan, meningkatkan interoperabilitas, dan memajukan inovasi antara India dan AS. Selain itu, Austin juga akan ikut dalam Dialog Tingkat Menteri 2+2 yang kelima bersama Menteri Luar Negeri Anthony J. Blinken dan Menteri Luar Negeri Dr. S. Jaishankar.

Setelah pertemuan dengan Menteri Singh, Menteri Luar Negeri Blinken dan Austin akan bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

Selanjutnya, Austin akan melakukan perjalanan ke Korea Selatan untuk bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Shin Wonsik dan para pemimpin senior Korea Selatan lainnya. Mereka akan menghadiri Pertemuan Konsultatif Keamanan tahunan ke-55 dan Pertemuan Menteri Pertahanan Negara-negara Anggota Komando Korea Selatan-PBB yang pertama. Selama di Seoul, Austin juga akan memperingati Hari Veteran dengan bertemu dengan tentara yang telah berjasa dalam menjaga perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut.

Austin juga akan mengunjungi Indonesia untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) ke-10-Plus. Selama di Jakarta, dia akan mengadakan Pertemuan Informal ASEAN-Amerika Serikat untuk membahas peluang perluasan hubungan keamanan ASEAN-AS. Dia juga akan bertemu dengan rekan-rekan regionalnya untuk menyampaikan komitmen mendalam AS dalam mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.