Adu Bicara Anies versus Ganjar berlawanan dengan Prabowo

by -150 Views
Adu Bicara Anies versus Ganjar berlawanan dengan Prabowo

Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) telah merilis hasil survei terbaru di Jawa Timur mengenai elektabilitas pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang telah mendaftar di KPU. Hasilnya menunjukkan bahwa Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka berada di posisi teratas.

Berdasarkan survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 40,1%. Selanjutnya, diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 35,9%. Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan elektabilitas 22,2%.

Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, menjelaskan faktor-faktor yang membuat Prabowo-Gibran unggul di Jawa Timur. Salah satunya adalah migrasi pendukung dari PDIP yang pada awalnya memilih Ganjar Pranowo, namun kini beralih mendukung Prabowo.

Baihaki menyebut bahwa sebanyak 33,7% pemilih PDIP memilih Prabowo-Gibran, sedangkan 66,3% memilih Ganjar-Mahfud. Tidak ada pemilih PDIP yang memilih pasangan Anies-Muhaimin.

Bergabungnya Gibran dalam tim Prabowo juga membuat Prabowo mendapatkan dukungan dari para pendukung Jokowi di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan Jawa Timur merupakan basis dukungan Jokowi pada dua periode Pilpres sebelumnya, yaitu pada tahun 2014 dan 2019.

Survei ARCI dilakukan pada tanggal 22-27 Oktober 2023. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Dalam survei ini, hasil elektabilitas pasangan capres-cawapres di Jawa Timur menurut ARCI adalah sebagai berikut:
1. Prabowo-Gibran 40,1%
2. Ganjar-Mahfud 35,9%
3. Anies-Muhaimin 22,2%
Tidak tahu/tidak menjawab: 1,8%

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat diakses melalui tautan berikut: Klik di sini