Jalan Tol Balikpapan-IKN Akan Siap Digunakan pada Tahun 2024 dengan Waktu Tempuh Hanya 50 Menit

by -134 Views
Jalan Tol Balikpapan-IKN Akan Siap Digunakan pada Tahun 2024 dengan Waktu Tempuh Hanya 50 Menit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa jalan tol Balikpapan – IKN diperkirakan akan beroperasi pada pertengahan tahun depan. Saat ini, progres pembangunan telah mencapai 55%. Hal ini diungkapkan Jokowi setelah meninjau proyek pembangunan Jalan Tol IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (1/11/2023).

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ad Interim Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

“Diharapkan bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai,” kata Jokowi.

Jokowi menyatakan bahwa tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN. Biasanya, perjalanan dari Balikpapan ke IKN memakan waktu 2 jam 15 menit, namun dengan adanya tol ini waktu tempuhnya akan menjadi kurang dari 1 jam.

“Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara,” ujar Jokowi.

Selain pembangunan jalan, pemerintah juga menyediakan fasilitas dan sarana pendukung seperti tempat istirahat. Selain itu, ribuan pohon juga disiapkan untuk ditanam di sepanjang jalan tol tersebut.

“Kanan kirinya ini ingin kita buat se-hijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan. Kita harapkan kanan dan kiri jalan tol ini akan tampak hijau, dan kita sudah menyiapkan 60 ribu pohon untuk jalan tol ini saja,” jelas Jokowi.

(Artikel ini juga telah tayang di CNBC Indonesia)