Mari Mendekat! Jokowi Sediakan Dana Tambahan di Akhir Tahun

by -69 Views
Mari Mendekat! Jokowi Sediakan Dana Tambahan di Akhir Tahun

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kabar baik bagi masyarakat Indonesia menjelang akhir tahun. Ada sejumlah bantuan berupa uang dan diskon pajak yang bisa dimanfaatkan.

Berikut ini, daftar paket kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah:

1. BLT El Nino

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino bagi 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT El Nino tersebut akan dibagikan pada November hingga Desember 2023 untuk membantu keluarga yang tidak mampu di tengah kemarau panjang. Bantuan ini sebesar Rp200 ribu per bulan per KPM dan telah terdaftar di Kementerian Sosial.

2. Tambahan Bantuan Beras

Tambahan bantuan beras diberikan kepada 21,3 juta kelompok penerima manfaat (KPM) sebesar 10 kg selama bulan Desember dengan anggaran sebesar Rp2,67 triliun. Bapanas menjadi penyelenggara bantuan ini.

3. Bantuan Biaya Administrasi untuk MBR

Untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), ditambahkan bantuan administrasi selama 14 bulan. Bantuan tersebut memiliki anggaran sebesar Rp0,3 triliun tahun ini dan Rp0,9 triliun tahun depan. Rumah dengan harga di bawah Rp350 juta mendapatkan fasilitas biaya administrasi dan pengurangan pajak DTP.

4. PPN DTP

Pemerintah menanggung Pajak Pertambahan Nilai (PPN) bagi pembelian rumah baru komersial, rumah MBR, dan rumah masyarakat miskin. PPN ditanggung pemerintah untuk pembelian rumah baru dengan harga di bawah Rp2 miliar selama 14 bulan. PPN yang ditanggung pemerintah adalah 100% untuk periode November 2023 hingga Juni 2024, dan 50% untuk periode Juli hingga Desember 2024.

5. Rumah Sejahtera Terpadu (RST)

Program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) oleh Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan sebesar Rp20 juta per rumah untuk masyarakat miskin, termasuk renovasi dan bedah rumah. Tambahan 1.800 rumah diperbaiki dengan anggaran sebesar Rp36,2 miliar.

6. Percepatan Penyaluran KUR UMKM

Pemerintah akan mengoptimalkan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui percepatan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Penyaluran KUR akan ditingkatkan menjadi Rp297 triliun untuk tahun ini.

Dengan paket kebijakan ini, diharapkan ekonomi Indonesia dapat bertahan dari guncangan global. Pemerintah juga berharap pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,06% pada kuartal keempat 2023. (mij/mij)