Tulis ulang judul ini: Rosan Roeslani: Ketua Tim Kampanye Prabowo-Gibran

by -63 Views
Tulis ulang judul ini: Rosan Roeslani: Ketua Tim Kampanye Prabowo-Gibran

Jakarta, CNBC Indonesia – Rosan Roeslani, Wakil Menteri BUMN II, terpilih sebagai ketua tim kampanye nasional Indonesia maju. Hal ini diumumkan oleh Capres Prabowo Subianto dalam deklarasi di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta.

“Saya menghormati Pak Rosan Roeslani sebagai ketua tim kampanye nasional Indonesia maju,” ungkap Prabowo, Rabu (25/10/2023).

Rosan Roeslani saat ini menjabat sebagai Dubes ke-21 Republik Indonesia untuk Amerika Serikat yang dilantik pada tanggal 25 Oktober 2021. Namun, sebelumnya ia memiliki latar belakang bisnis.

Menurut laporan majalah Globe Asia pada tahun 2018, Rosan pernah menjadi orang terkaya ke-88 di Indonesia. Pada saat itu, kekayaannya mencapai US$460 juta atau sekitar Rp6,9 triliun.

Namun, saat ini belum diketahui secara pasti jumlah kekayaan Rosan karena belum ada informasi dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Di awal karirnya, Rosan telah berkecimpung dalam berbagai posisi dalam dunia bisnis dan kewirausahaan. Ia pernah menjadi Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008). Rosan juga pernah menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia/KADIN (2015-2021).

Pada tahun 1996, Rosan bersama Sandiaga Uno dan Elvin Ramli mendirikan perusahaan konsultan keuangan. Perusahaan tersebut resmi didirikan pada tahun 1997 dengan nama PT Republik Indonesia Funding, atau yang lebih dikenal sebagai Finance Indonesia.

Finance Indonesia kemudian berubah nama menjadi Recapital pada tahun 2002. Rosan juga mengembangkan bisnis perusahaan tersebut ke berbagai sektor, termasuk pertambangan, infrastruktur, properti, media, dan komunikasi.

Recapital memiliki beberapa subsidiari, antara lain Recapital Securities, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance (Relife), Recapital General Insurance (Reguard), dan Bank Pundi. Recapital juga memiliki kepemilikan di Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) dan Capital Inc Investment.

Namun, pada Januari 2020, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencabut izin Recapital Sekuritas Indonesia sebagai Perantara Pedagang Efek dan Penjamin Emisi Efek karena perusahaan tersebut telah menyampaikan Laporan MKDB yang menyesatkan kepada OJK.

Pada Oktober 2020, OJK juga mencabut izin usaha PT Asuransi Recapital karena perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi ketentuan solvabilitas minimum.

Bank Pundi sekarang menjadi PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS) setelah diakuisisi oleh Pemerintah Provinsi Banten pada tahun 2015. Sedangkan BKE berubah menjadi PT Bank Seabank Indonesia setelah diakuisisi oleh Sea Group pada tahun 2021.

Selain itu, Rosan dan Sandi juga melepas kepemilikan mereka di perusahaan pengelola air minum Acuatico Group. Recapital Advisors melepas kepemilikan Acuatico Pte Ltd ke Grup Salim melalui Moya Indonesia Holdings Pte Ltd senilai US$92,87 juta. Acuatico Group sebelumnya merupakan penyedia air bersih di perkotaan seperti Tangerang, Jakarta, dan Ho Chi Minh, Vietnam.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya:
Media Asing Ramai-ramai Sorot Prabowo-Gibran di Pilpres RI

(wur/wur)