Prabowo Melawan Anies Melawan Gibran

by -133 Views

LSI Denny JA mencatat bahwa pasangan calon presiden-wakil presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming, menempati posisi pertama dalam survei terbaru yang dilakukan pada Selasa (24/10). Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas mencapai 39,3 persen, diikuti oleh Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 36,9 persen, dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) hanya 15 persen.

Menurut LSI Denny JA, survei ini menunjukkan bahwa belum ada pasangan calon presiden-wakil presiden yang dapat memastikan kemenangan dalam satu putaran. Tidak ada satu pun pasangan yang berhasil mencapai persentase di atas 50 persen. “Artinya masing-masing masih di bawah 50 persen,” kata Hanggoro Doso Pamungkas, peneliti LSI Denny JA.

Dalam survei tersebut, Hanggoro juga mengungkap bahwa Prabowo-Gibran unggul di kalangan pemilih kelompok masyarakat yang lulusan SMP ke bawah, laki-laki, beragama Islam, dan berusia di bawah 30 tahun. Sementara itu, Ganjar-Mahfud unggul di kalangan masyarakat yang lulusan SMA sederajat atau D3, non-Islam, dan berusia di atas 30 tahun.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 4-12 September 2023 dengan melibatkan 1.200 responden melalui metode penentuan responden menggunakan multi-stage random sampling. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen.

LSI Indonesia juga mencatat dalam hasil survei mereka yang dirilis pada Minggu (22/10), Prabowo-Gibran juga unggul dengan elektabilitas mencapai 35,9 persen. Di posisi kedua ada Ganjar-Mahfud dengan elektabilitas 26,1 persen, dan pasangan Anies-Cak Imin dengan elektabilitas 19,6 persen.

Sementara itu, dalam Telesurvei Ipsos Public Affairs pada 17-19 Oktober 2023, pasangan Ganjar-Mahfud unggul dari dua pasangan lainnya. Survei ini menunjukkan bahwa Ganjar-Mahfud mendapatkan dukungan sebesar 31,98 persen, diikuti oleh Prabowo-Gibran dengan 31,32 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 28,91 persen.

Semua hasil survei tersebut menunjukkan bahwa persaingan antara pasangan calon presiden-wakil presiden masih sangat ketat dan belum ada pasangan yang dapat dipastikan sebagai pemenang.