Cerita 11 prajurit Kopassus di Tim Mawar dan Cebongan

Posted by on April 5, 2013

MERDEKA.COM.  

Tim Investigasi kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman merilis hasil penyelidikan. Hasilnya 11 anggota dinyatakan terlibat. Ketua Tim Investigasi Brigjen Unggul K Yudhoyono dalam jumpa pers di Dinas Penerangan TNI AD menyebut pelaku penyerangan melibatkan anggota Grup 2 Kopassus yang berjumlah 11 orang.

11 orang itu terdiri dari satu eksekutor. Sisanya delapan orang bertindak sebagai pendukung. Mereka menggunakan mobil Toyota Avanza biru dan Suzuki APV warna hitam. Sementara dua orang lagi berada di mobil Daihatsu Feroza.

Jumlah anggota Kopassus penyerang Lapas Cebongan mengingatkan kita pada jumlah anggota Tim Mawar yang melakukan penculikan terhadap aktivis 1998. Tim Mawar adalah sebuah tim kecil dari kesatuan kopassus Grup IV. Tim ini adalah dalang dalam operasi penculikan para aktivis politik pro-demokrasi.

Kasus penculikan ini menyeret 11 anggota tim ke pengadilan mahkamah militer (Mahmil) II pada bulan April 1999. Saat itu Mahmil II Jakarta diketuai Kolonel CHK Susanto memutus perkara nomor PUT.25-16/K-AD/MMT-II/IV/1999. Hasilnya Mahmil memvonis Mayor Infantri Bambang Kristiono (Komandan Tim Mawar) kurungan 22 bulan penjara dan memecatnya sebagai anggota TNI. 

Pengadilan juga memvonis Kapten Infantri Fausani Syahrial Multhazar (Wakil Komandan Tim Mawar), Kapten Infantri Nugroho Sulistiyo Budi, Kapten Infantri Yulius Selvanus dan Kapten Infantri Untung Budi Harto, masing-masing 20 bulan penjara dan memecat mereka sebagai anggota TNI.

Sedangkan 6 prajurit lain dihukum penjara tetapi tidak dikenai sanksi pemecatan sebagai anggota TNI. Mereka itu adalah Kapten Infantri Dadang Hendra Yuda, Kapten Infantri Djaka Budi Utama, Kapten Infantri Fauka Noor Farid masing-masing dipenjara 1 tahun dan 4 bulan. 

Sementara Serka Sunaryo, Serka Sigit Sugianto dan Sertu Sukadi hanya dikenai hukuman penjara 1 tahun. Menurut pengakuan Komandan Tim Mawar, Mayor Bambang Kristiono di sidang Mahkamah Militer, seluruh kegiatan penculikan aktivis itu dilaporkan kepada komandan grup, yakni Kolonel Chairawan. Tetapi sang komandan tidak pernah diajukan ke pengadilan.

Sementara itu tanggung jawab komando diberlakukan kepada para Perwira pemegang komando. Dewan Kehormatan Perwira telah memberikan rekomendasi kepada Pimpinan ABRI. Atas dasar rekomendasi itu Pangab menjatuhkan hukuman terhadap mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto berupa pengakhiran masa dinas TNI (Pensiun).

Pejabat lain yang dipensiunkan adalah Danjen Kopassus Mayjen TNI Muchdi PR. Serta Group 4 Kolonel Infantri Chairawan berupa pembebasan tugas dari jabatannya karena tidak mampu mengetahui segala kegiatan bawahannya.

Bedanya, 11 anggota Kopassus yang tergabung dalam tim mawar menculik aktivis, sementara 11 anggota Kopassus penyerang lapas Cebongan menyerang 4 narapida pelaku pembunuhan anggota Kopassus.

Sumber: Merdeka.com

Sumber: – http://id.berita.yahoo.com/

Cerita 11 prajurit Kopassus di Tim Mawar dan Cebongan

Cerita 11 Prajurit Kopassus Di Tim Mawar Dan Cebongan

Densus 88 vs kopassus | kasamago - kasamago | everything i, Setuju dengan admin blog ini, densus 88 itu beda lagi dengan brimob ! ada cerita brimob kabur saat tugas, ditelanjangi dll, itu cerita jualan kosong oknum. The allnetwork, Wakil menteri hukum dan ham ri denny indrayana menegaskan, pelaku pembunuhan empat tahanan di lp kelas ii cebongan, sleman, yogyakarta, pada 23 maret silam, harus. Penculikan aktivis 1997/1998 - wikipedia bahasa indonesia, 1 korban; 2 kesimpulan komnas ham; 3 tim mawar. 3.1 keadaan tahun 2007; 4 referensi; 5 pranala luar.

Mengenal “sejarah pasukan elite khusus militer indonesia, Mengenal “sejarah pasukan elite khusus militer indonesia”. (bag.1 ) 1. kopassus. komando pasukan khusus yang disingkat menjadi kopassus adalah bagian. Alam pikiranku, Hingga saat ini tidak ada yang tahu pasti apa itu tim mawar. sebenarnya, keberadaan tim ini di luar kebiasaan operasi kopassus. berbagai studi militer indonesia. Deretan senjata maut yang dimiliki kopassus | strategi, Penyerangan lapas cebongan, sleman, yogyakarta menggunakan senapan serbu ak-47. diketahui anggota kopassus ini baru saja berlatih di gunung lawu..

Referensi:
  • kasamago.wordpress.com
  • matrixallnetwork.blogspot.com
  • id.wikipedia.org
Rating : 4.5 based on 17 Customer Reviews

Tags: , , , ,

Category: Berita Terpopuler

About the Author ()

Comments are closed.

You might also likeclose